Ratusan mahasiswa ULM terima beasiswa IBFL dari Adaro Nyalakan Ilm

Admin Ugems
Een minuut lezen - Sun Sep 08 01:00:00 GMT 2024

Banjarmasin (ANTARA) - PT adaro Energy Indonesia melalui adaro Nyalakan Ilmu menggulirkan beasiswa Indonesia Bright Future Leaders (IBFL) bagi ratusan mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada 2024.

Ketua Yayasan adaro Bangun Negeri Zuraida Murdia Hamdie di Banjarmasin, Sabtu, ini merupakan program beasiswa IBFL tahun kelima atau batch 5 bagi 100 mahasiswa baru ULM.

Baca juga: YABN bina 166 mahasiswa ULM penerima beasiswa IBFL

Saat diskusi bertemakan "Mencetak pemimpin masa depan dipenjuru negeri", Zuraida menuturkan beasiswa IBFL berasal dari dana tanggung jawab sosial perusahaan bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu terutama di wilayah operasional perusahaan.

Menurut dia, beasiswa IBFL ini diterima mahasiswa setelah lulus masuk perguruan tinggi negeri di ULM Banjarmasin.

Zuraida mengungkapkan beasiswa IBFL dari adaro menanggung dana pendidikan dan biaya hidup selama berkuliah hingga menjadi sarjana di kampus tersebut.

Zuraida pun mengharapkan beasiswa tersebut harus dimanfaatkan mahasiswa terpilih, untuk meraih prestasi pendidikan dan tercipta pribadi yang berdaya saing mandiri, serta berkelanjutan.

"Karena ujungnya beasiswa ini kami ingin menciptakan pemimpin," ujar Zuraida.

Baca juga: YABN menggandeng ANTARA berikan pelatihan jurnalistik untuk tim media

Pemimpin tersebut, dikatakan dia, pemimpin masa depan yang cemerlang, sehingga beasiswa ini dinamakan “Indonesia Bright Future Leaders” (IBFL) atau pemimpin masa depan Indonesia cemerlang.

"Jadi beasiswa ini mengandung makna sebuah kualitas yang ingin kami capai," tutur Zuraida.

Zuraida menyampaikan para mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini tidak hanya harus lulus sarjana dengan nilai tinggi, tapi juga bisa mengembangkan diri hingga berlanjut menjadi pemimpin pada berbagai bidang.

"Kita ingin mereka ini bisa membuat perubahan yang lebih baik, tidak hanya bagi dirinya, keluarga namun juga daerahnya hingga negeri ini," ungkap Zuraida.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni ULM Dr. Muhammad Rusmin Nuryadin mengapresiasi beasiswa IBFL dari PT adaro Energy Indonesia yang berkelanjutan bagi mahasiswa ULM.

"Kehadiran adaro dengan beasiswa ini sangat membantu sekali kepada ULM untuk mencerdaskan semua putra dan putri daerah ini," kata Rusmin.

Diungkapkan dia, dari sekian banyak mahasiswa di ULM, bahkan lebih 1.600 mahasiswa mengajukan untuk mendapatkan beasiswa melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah pada 2024.

"Tentunya tidak bisa semua kita akomodir, untungnya ada bantuan dari beasiswa IBFL ini, kami sangat terbantu," papar Rusmin.

Dia pun meminta para mahasiswa yang meraih beasiswa IBFL ini agar memanfaatkan secara maksimal, karena tidak mudah mendapatkan ini.

"Yang mendapatkan beasiswa ini sangat beruntung, apalagi beasiswanya hingga lulus jadi sarjana, ini beasiswa yang tidak semua ada," ungkap Rusmin.

Baca juga: Program adaro nyalakan ilmu fokus pengembangan SDM

Rusmin pun memastikan ULM akan terus terbuka untuk kolaborasi memajukan pendidikan dengan PT adaro Energy Indonesia termasuk mitra lain.

Disampaikan seorang penerima beasiswa IBFL ULM batch 3 Hartati, sebagai anak dari keluarga yang kurang mampu, beasiswa ini sangat membantu untuk meraih cita-cita pada masa depan.

"Saya merasakan manfaat besar mendapatkan beasiswa ini, apalagi saya pertama di keluarga yang sekolah di perguruan tinggi," ujar mahasiswi yang mengambil program studi kesehatan masyarakat tersebut.



Source https://kalsel.antaranews.com

Paginareacties